KRATON, mojo, kediri



Sedikit coretan ttg kampung, walaupun dirasa agak norak, membanggakan kampung sendiri, tak apa minimal ada gambaran sedikit.
setelah mengumpulkan dari beberapa sumber, di tarik kesimpulan yang pertama dari letak.

1. Dari segi geografis desa keraton terletak di kaki gunung wilis di kelilingi dusun2 di antaranya di ujung timur ada dusun "kidul kali" di ujung selatan ada "jurang uluh" di ujung barat ada "tanjung" di ujung utara ada dusun "talang". Selain dusun2 tersebut ada dusun kraseman, tanon, dawuhan, kopen, total dusun di desa kraton ada 8 (delapan) dusun. Yang di belah oleh satu sungai namanya sungai wedok (kali wedok) yg bermuara di kali brantas, sedikit membahas tentag kali wedok sebenarnya sayang jika hanya di biarkan dan tidak di kelola, kali wedok menyimpan sejuta potensi, yg sederhana saja kali wedok bisa di jadikan jalur "rafting" salah satu kegiatan wisata autbond yang akhir2 ini lagi ngetren, ini sekilas potensi kali wedok lain kali akan saya kupas tuntas tentang kali ini.
Sekarang kembali lagi ke segi ekonomi
Yang mayoritas penduduknya petani,

2.Dari segi ekonomi
Alhamdulillah Di dukung pembangunan dari program2 pemerintah terutama pembangunan infrastruktur jalan yg mulai di lakukan merata hingga masuk ke dalam perkebunan dan sawah, memudahkan para warga yg mayoritas petani dan pedagang melakukan aktifitas ekonomi, sedikit ber angan2 ttg potensi ekonomi terutama di bidang pertanian yg hasilnya tidak kalah bersaing seperti rambutan dan durian, sangat cocok jika di beri sedikit sentuhan yakni dgn di jadikanya "agrowisata" di dukung dgn infrastuktur jalan yang lumayan baik, sekaligus sedikit meningkatkan nilai jual, kita lihat saja kraton di tahun 2030 hh



3. Kraton dari segi sejarah.
Sebelumya kembali kebelakang siapa "sang kreator" desa kraton. ada yang tau siapa sang kreator tersebut?
Saya juga tidak tau.
"Mas veri" salah satu cucu dari "KH. JUNED" pernah bercerita yg intinya seperti ini
Alkisah,munurut versi pribadi,Konon babatnya desa"kraton"di punggawai oleh almaghfurllah mbh KH.HASAN ANOM BESARI bin KH.AGENG HASAN BESARI(BASHARI) bin R.NGABEI DIPOMENGGOLO bin FULAN(blum dtemukan nama aslinya) bin FULAN bin BHATARA KATONG( LEMBU KANIGORO) bin PRABU BRAWIJAYA KE-5. Dmulai dari pertempuran rakyat PONOROGO/prana raga(WENGKER) yg gigih melawan serdadu asing.Mski menumbangkan banyak korban,tetapi beberapa anak cucu KH.AGENG HASAN BESARI ada yg selamat dari maut.Mereka ada yg melarikan diri ke JATENG,JABAR,n sbgian ke JATIM(keluar dari PONOROGO) untuk mnyelamatkan diri.Yaitu salah satunya adalah KH.hasan anom besari,yg mnjadi salh satu leluhur sbagian besar PENDUDUK DESA KRATON. Itulah spasir kisah yg dapat kami

haturkan,kurang lebihny harap dmaklumi.kkurangn brasal dri sifat manusiawi dan klebihan adalh anugrah dri SANG PENCIPTA ALAM SEMESTA. Mg bermanfaat,amien..!!

 

Comments

Popular posts from this blog

MENGHITUNG FORMULASI WARNA CAT MOBIL (oplosan)

Toko cat "NUANSA PELANGI" Kediri