Tehnik sedehana repair body mobil sendiri.




Sedikit coretan mungkin bisa membantu saudara yg menggalami masalah  mobil pribadinya atau mungkin mobil kantor, mau di bawa ke bengkel takut mobil kesayangan di aniaya, tau sendiri kan gan bilangnya "ketok magic" ternyata "ketok palu" meskipun sebenarnya yg lebih d takutkan bukan itu, yg d takutkan adalah masalah dompet hehe

mumpung pas sedikit pengalaman ini gan tadi siang ada tememen bawa pintu avanza, pesok terbentur sepeda motor, suru benerin itu pintu, meski sudah saya bilang saya bukan ahlinya, yang nyuruh percaya.  saya jadi ikut2an "percaya diri" akhirnya nekat juga. biar lebih jelas langsung saja saya kasih urutan tahapanya gan.

1.DEMPUL
misal beret sampek terkelupas keliatan plat besinya, depul dulu pakek dempul yg praktis, biasanya pake dempul "wanda" bayak d toko2 cat, harga kisaran 30rb gan, saran untuk kapi nya pake kartu remi yg masih baru lebih fleksibel dan yg pasti murahh.
klu tahap ini selesai tunggu kering sebentar kurang lebih 30 menit

 
 2. AMPLAS
Setelah kering amplas pake amplas halus, amplas nomer 800-1200, ngamplasnya pake air, setelah di raba benar2 sudah halus mulus, keringkan pake kain atau kanebo, keringkan sebentar.

 
 3.PENGECATAN
Tahap ini sedikit rumit dan berbahaya, salah2 mobil malah belang2.
Untuk mempermudah kerja agan, masalah cat ini serahkan pada ahlinya, agan cari toko cat mobil yang menyediakan mixing cat, bawa contoh warna mobil ke toko tersebut biar d mixing sesuai warna mobil, kemarin itu mixing avanza putih seperpat liter 90rb, tapi sebanding dgn kualitas.
Setelah dirasa warna sudah oke, sudah bisa d bawA pulang untuk agan cat sendiri, jangan pake kuas lo gan, pake sprey gun, jika blm pernah pegang ataupun menggunakan sprey, mending minta bantuan ahli.
Cat secara merata antara sambungan cat baru dan cat lama
Setelah di rasa sudah oke, tungu kering, amplas lagi dgn amplas nomer 1200 pelan2 pake air.



4.CLEAR (pernis)
kalau warna sudah matching (sama) ke tahap clear,

tahap ini lebih mudah ketimbang tahap 3, clear bisa pake yg seperempatan klu mau yg hasilnya lumayan bisa pake "blinken" harganya kisaran 60rb an, klu pake yg lebih murah ada juga yg 30rb an, tinggal pilih.
campur clear dgn hardener dgn perbandingan 4:1:1 ( contoh: empat sendok clear: satu sendok hardener: satu sendok tiner)
setelah campuran oke, mulai semprot tipis2 3-4 lapis, tiap lapis d beri jeda 5 menitan.
* untuk menyamarkan sambungan clear baru dgn yg lama gunakan tiner sambung bisa juga pake tiner "bintang" semprotkan pada sambungan.


5. KOMPON / POLES
Setelah benar2 kering sudah pada tahap akhir, kompon dgn kompon halus dgn kain halus secara merata. kemasan seperempatan 10rb, sebaiknya jeda clear ke kompon antara satu hari, biar bener2 kering.
lap mobil dgn kit pengkilap taraaa mobil kembali mulusss


mudah dan murah bukan, berikut princian barang dan harganya.

1.Dempul = 30.000
2. 2 Amplas = 7.000
3. cat mixing = 90.000
4. clear (biasa) = 30.000
5. kompon = 10.000
*TOTAL = 167.000
coba anda bawa ke bengkel bisa 10x lipat biaya d atas.
sudah dulu sudah ngantuk tak tertahan gan.


"SEMOGA MANFAAT"

Comments

Popular posts from this blog

MENGHITUNG FORMULASI WARNA CAT MOBIL (oplosan)

KRATON, mojo, kediri

Toko cat "NUANSA PELANGI" Kediri